Berkenaan dengan model-model pembelajaran abad 21 yang dipandang potensial untuk mengintegrasikan teknologi untuk diterapkan pada berbagai tingkatan usia, jenjang pendidikan dan bidang studi, guru dapat menyesuaikan dengan kondisi sekolah. Beberapa model pembelajaran yang umum digunakan adalah sebagai berikut: 



  1. Discovery Learning

belajar melalui penelusuran, penelitian, penemuan, dan pembuktian. Contoh dalam pembelajaran guru menugaskan peserta didik untuk menelusuri faktor penyebab terjadinya banjir di daerah setempat. Peserta didik bekerja secara berkelompok menelusuri informasi dengan mewawancarai penduduk disertai pelacakan informasi di internet (bimbingan disesuaikan tingkatan usia) dan kemudian diminta untuk membuat kesimpulan dilanjutkan presentasi.

2.              Cooperative Learning

Model ini mendorong kerjasama antar siswa dalam kelompok kecil. Setiap anggota tim memiliki peran dan tanggung jawab tertentu. Mereka berinteraksi, berdiskusi dan saling membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

3.              Project Based Learning

Model ini melibatkan siswa dengan proyek dunia nyata yang memerlukan penerapan pengetahuan dan keterampilan dalam konteks yang relevan. Siswa belajar dengan meneliti, mengeksplorasi dan menciptakan produk akhir. 

4.              Problem Based Learning

Model ini mengajak siswa untuk memecahkan masalah yang kompleks dan penting dalam dunia nyata. Siswa menganalisis masalah, menemukan solusi dan mengembangkan pemahaman melalui penelitian mendalam. 

5.              Technology Enhanced Learning

Model ini menggunakan teknologi seperti komputer, perangkat seluler dan internet sebagai alat bantu pembelajaran. Siswa dapat menggunakan sumber daya digital, berinteraksi dengan aplikasi pendidikan atau berpartisipasi dalam pembelajaran jarak jauh. 

6.              Student Centre Learning

Model ini menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Siswa memiliki kontrol yang lebih besar atas pembelajaran mereka, termasuk memilih topik, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. 

7.              Teacher Centre Learning

Dalam model ini, guru adalah pengajar yang mengajarkan konsep dan keterampilan langsung kepada siswa. Guru menjelaskan, mendemonstrasikan dan memberikan tugas kepada siswa untuk melatih pemahamannya. 

8.              Flipped Classroom Learning

Dalam model ini, kegiatan pembelajaran diterjemahkan ke dalam tugas pra-kelas yang diberikan kepada siswa sebelum belajar di kelas. Di kelas, siswa terlibat dalam diskusi, proyek kolaboratif, dan aktivitas mendalam untuk menerapkan konsep yang dipelajari. 

 

Comments to: Model Pembelajaran Abad 21

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.