Sebagai seorang pendidik tak lepas kaitannya dengan dunia peserta didik. Perkembangan dan pertumbuhan peserta didik merupakan hal yang penting untuk kita pelajari dan kita pahami selaku calon pendidik.
Dalam memahami peserta didik, diperlukan adanya pembelajaran Perkembangan Peserta Didik (PPD). Karena dengan bekal ilmu PPD diharapkan dapat membantu calon guru dalam mengambil tindakan saat menghadapi peserta didiknya. Calon guru juga dapat mengetahui cara menghadapi, memahami, serta menyelesaikan masalah- masalah yang sering timbul pada peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas nanti. Dalam PPD juga di jelaskan mengenai prinsip- prinsip perkembangan peserta didik baik dalam segi pertumbuhan maupun perkembangannya.
Menurut kasiram (1983:23) Perkembangan mengandung makna adanya pemunculan sifat-sifat baru yang berbeda dari sebelumnya, mengandung arti bahwa perkembangan merupakan sifat individu menuju kesempurnaan yang merupakan penyempurnaan dari sifat-sifat sebelumnya.
Sedangkan peserta didik menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
Dapat disimpulkan bahwa perkembangan peserta didik adalah perkembangan sifat individu yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran menuju kesempurnaan yang merupakan penyempurnaan dari sifat sifat sebelumnya.
Dalam perkembangan peserta didik, hal yang perlu dilakukan oleh tenaga pendidik yaitu mengenali peserta didik itu sendiri. Semakin tenaga pendidik mengenal karateristik dari peserta didik, semakin mudah untuk menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik. Ada beberapa keuntungan yang akan didapat pendidik apabila sudah mengenal peserta didik, yaitu :
1. Dapat menciptakan ruangan kelas yang tepat bagi peserta didik. Dengan guru memahami konsep Perkembangan Peserta Didik guru akan mengetahui karakter peserta didik sehingga dalam pembelajaran dapat memilih suasana pembelajaran yang tepat untuk diaplikasikan di ruangan kelas.
2. Dapat memberikan metode pembelajaran yang menarik dan bervariasi. Dalam pembelajaran diperlukan adanya variasi metode dan model pembelajaran agar peserta didik tidak merasa bosan.
3. Mengetahui pelajaran seperti apa yang sangat dibutuhkan dan yang kurang dibutuhkan. Memang dengan mengetahui karakteristik peserta didik, guru dapat lebih dalam mengetahui pelajaran apa yang tepat untuk diberikan kepada peserta didik.
Perkembangan ini juga membahas perkembangan manusia dari sejak kelahiran hingga mencapai usia sekolah. Banyak gangguan yang terjadi apabila bayi yang lahir tidak mendapat nutrisi yang cukup dari seorang ibu dikarenakan pola makan yang kurang baik. Gangguan lain juga terdapat pada ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) pada anak usia sekolah dasar, disinilah pendidik harus bisa mengidentifikasi gangguan yang terjadi pada peserta didik, agar bisa ditangani lebih lanjut dan memberi saran kepada orang tua peserta didik untuk dapat mendaftarkan anaknya ke sekolah Anak Berkebutuhan Khusus.
No Comments
Leave a comment Cancel