Lusi Nuraeni's articles

  1. Artikel
Cahaya Aksara adalah komunitas literasi yang didirikan pada tahun 2014, di Cimanggu – Pandeglang Banten, dulu bernama Saung Huma, pada tahun 2017, kami terlibat pada wadah komunitas literasi bernama Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sejak saat itu kami melibatkan komunitas pada berbagai kegiatan literasi. Tahun 2017 Akhir, kami menempati tempat baru di Kp.Curug luhur desa Waringinjaya […]
  1. Artikel
Sebagai pendidik, sudah sepantasnya jika guru mengerahkan seluruh kemampuannya demi memberikan ilmu terbaik bagi siswa. Guru dituntut menjadi panutan yang memberi contoh positif dalam keseharian anak didiknya. Tak mengherankan jika seluruh gerak-gerik seorang guru dinilai oleh anak didiknya.Dalam sebuah peribahasa, seorang guru ialah pelita bagi dunia, yang memiliki makna bahwa guru ialah cahaya bagi kegelapan […]
  1. Artikel
Society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai sebuah […]
  1. Tips
Pada era industri 4.0, dunia pendidikan turut serta menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Bagi seorang pengajar kondisi ini tentu menjadi sebuah tantangan, pasalnya posisi guru kemungkinan bisa tergantikan oleh teknologi. Hasil penelitian yang dilakukan Hole in the Wall oleh Sugata Mitra di India, menemukan bahwa anak muda sekarang bisa belajar sendiri menggunakan komputer dan […]
  1. Artikel
Kurikulum merdeka sudah mulai diimplementasikan di sekolah-sekolah seluruh Indonesia dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Sebagai dukungan untuk suksesnya implementasi kurikulum merdeka maka berbagai Workshop atau In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) telah dilaksanakan untuk pendampingan para Guru dalam menyusun perangkat mengajar, seperti dari Capaian Pembelajaran (CP) yang dianalisis menjadi Tujuan Pembelajaran (TP), dari […]
  1. Artikel
Guru adalah profesi yang mulia. Pekerjaannya adalah pelurus generasi bangsa dan melestarikan kebudayaan. Tugas guru bukanlah menjejalkan pelajaran, guru harus menghidupkan pengetahuan. Tugas guru bukanlah pengukur pemikiran, guru membuka cakrawala berpikir para peserta didik agar mampu bernalar kritis.  Guru juga menjadi sosok yang berperan dalam menumbuhkan kemandirian peserta didik, tanpa harus menghakimi, memerintah, dan mencampuri […]
  1. Cerpen
Padahal masih sangat pagi, dan udara terasa dingin, seakan tak izinkan aku untuk membuka selimut yang menutupi tubuh kurus ini. Diluar sudah gaduh, terdengar suara ibu yang sedang sibuk di dapur, dan ayah yang sedang mengasah cangkul. Aku masih tidur dikamarku yang nyaman sebelum ibuku datang dan membangunkan ku dari mimpi-mimpi indah.  “Na…ayo nak bangun…sebentar […]
  1. Artikel
Salah satu visi ilmiah guru adalah menuangkan gagasan dan pemikirannya ke dalam bentuk tulisan ilmiah. Karya tulis ilmiah (Academic Writing) dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti makalah, laporan penelitian, penyusunan buku-buku ilmiah dan karya ilmiah lainnya yang dipublikasikan di media massa. Untuk melakukan kegiatan itu, dapat ditempuh berbagai upaya, antara lain membudayakan dan memberdayakan kegiatan […]
  1. Tips
Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita. Tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya […]
  1. Artikel
Guru merupakan seorang profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak jalur pendidikan formal. Profesi guru dihubungkan dengan kualitas manusia yang dibentuknya.  Guru sebagai pendidik menjadi tokoh panutan bagi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup […]