Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan umum yang harus dimiliki guru. Dalam hal ini, keterampilan dasar mengajar bersifat khusus agar guru atau tenaga pendidik yang lain dapat melaksanakan pengajaran secara efektif dan profesional. Turney dalam Alma, dkk. (2009: 12) menyatakan bahwa keterampilan dasar mengajar terdiri dari delapan hal, yaitu: keterampilan bertanya, keterampilan mengelola kelas dan menumbuhkan disiplin, keterampilan memberi stimulus secara bervariasi, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka pertemuan, keterampilan mengajar secara kelompok, keterampilan untuk mengembangkan pola berfikir, dan keterampilan mengajar secara individual. Keterampilan dasar mengajar yang lain juga dikemukakan oleh Anitah (2008 : 7.2), Darmadi (2012 : 1-10), dan Aqib (2001: 42) terdiri dari keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan 7 mengelola kelas, dan keterampilan menjelaskan kelompok kecil dan perseorangan.

      Keterampilan dasar mengajar berikut harus dimiliki orang setiap pengajar. Keterampilan tersebut di antaranya.

1.      Keterampilan bertanya

Keterampilan bertanya termasuk ke dalam proses berkomunikasi dalam pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa untuk aktif secara penuh dalam pembelajaran.

2.      Keterampilan menjelaskan

Pendidik tentu harus memiliki keterampilan menjelaskan. Hal ini dikarenakan, pendidik sebagai tokoh sentral dalam menyajikan informasi secara lisan dalam lingkungan belajar yang telah diorganisasikan dengan sistematis.

3.      Keterampilan menggunakan variasi

Keterampilan menggunakan variasi penting sekali dilakukan oleh guru agar memberikan suasana pembelajaran yang selalu menarik.

4.      Keterampilan memberikan penguatan

Keterampilan memberikan penguatan dapat mendorong siswa untuk meningkatkan motivasi belajarnya hingga kualitas tingkah lakunya.

5.      Keterampilan membuka dan menutup pelajaran

Keterampilan membuka pelajaran merupakan sebuah bentuk memberikan pengantar kepada siswa sebelum masuk ke dalam materi yang akan dipelajari. Sedangkan keterampilan menutup pelajaran merupakan keterampilan mengakhiri kegiatan inti pelajaran.

6.      Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan

Keterampilan ini dapat membentuk hubungan yang lebih akrab antara guru dan siswa dengan memberikan perhatian pada setiap peserta didik.

7.      Keterampilan mengelola kelas

Mengelola kelas penting dilakukan dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang tetap optimal. Namun jika terdapat kendala selama proses pembelajaran, guru dapat mengembalikannya kembali pada kondisi yang lebih baik.

8.      Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil

Guru berperan penting sebagai pembimbing dalam proses diskusi kelompok agar tujuan pembelajaran untuk memecahkan masalah bersama dapat terselesaikan.

Comments to: KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.